Bank Soal SD - Blog Ridwan Nurhadi

Breaking

Berbagi tak pernah Rugi

Sabtu, 18 Oktober 2014

Bank Soal SD

Penulis untuk saat ini mencoba menyusun beberapa contoh tentang Kisi-kisi Soal Ulangan tingkat Sekolah Dasar yang digunakan sebagai perangkat evaluasi.  Banyaknya request yang muncul ketika offline menjadikan suatu dorongan dalam penulisan ini dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan menuju  kelengkapan program evaluasi itu sendiri.
 Karena salah satu upaya mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan adalah dengan dilaksanakannya evaluasi pembelajaran. Evaluasi dapat diartikan sebagai proses yang sistematis dalam menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh siswa. Evaluasi dalam pendidikan merupakan salah satu dari serangkaian proses pembelajaran.
Kegiatan evaluasi hendaknya dilaksanakan secara terus menerus  selama dan sesudah proses pembelajaran. Dari kegiatan tersebut guru akan memperoleh hasil prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa ini  dapat digunakan sebagai umpan balik dan untuk menganalisis proses kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil penilaian tersebut guru dapat memperoleh kesimpulan apakah proses pembelajaran perlu diadakan perbaikan secara klasikal, kelompok, maupun pengayaan bagi siswa yang telah mencapai tuntas belajar.
Agar evaluasi sesuai dengan program pendidikan, maka seorang guru diharuskan menyusun kisi-kisi soal. Menurut para ahli pengertian kisi-kisi adalah suatu format yang dapat berupa matriks yang memuat informasi dan dijadikan pedoman untuk menyusun soal menjadi tes.
Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Tanpa adanya indikator dalam kisi-kisi tidak dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal. (Sopyanudin, 2006:41)
 Di bawah ini ada beberapa contoh Kisi-kisi Soal sebagai bahan perbandingan untuk para Dewan Guru yang memang sedang mencarinya.

ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)

KISI-KISI UTS II SEKOLAH DASAR

PERSIAPAN PELAKSANAAN UJIAN (PPU)

ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)

UJIAN SEKOLAH (US)

UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar